RSS

Percampuran Keroncong dan Jazz

Anda pecinta musik? mungkin sebagian besar orang akan mengatakan “ya”, “tentu”, “pasti”, dan jawaban lain yang menjelaskan bahwa salah satu hal yang disenangi adalah musik. Memang musik sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Coba hitung berapa kali dalam sehari anda bernyanyi maupun bersenandung lagu yang anda sukai. Mungkin kebanyakan jawaban akan menjawab lebih dari 2 kali sehari. Nah kalau ditanya jenis musik yang disuka maka akan keluar berbagai jawaban, bisa pop, jazz, rock, dangdut, sampai aliran musik jadul berbau keroncong.
Berbicara soal keroncong, masih pada inget kan sama lagu nan jadul zaman dulu yang jadi primadona Indonesia. Bisa dipastikan orang tua (angkatan dibawah 80’n) masih cinta mati sama aliran musik ini, tapi lain hal dengan kaula muda sekarang. Mungkin banyak anak muda sekarang yang sudah tidak suka dengar musik ini. Ada yang bilang kuno, ga nge’Beat, bikin ngantuk, sampai-sampai bilang norak dan kampungan. Tapi tunggu dulu, jangan teruskan cacian seperti itu kepada lagu-lagu keroncong karena lagu ini tetap menjadi aliran lagu Legendaris di Indonesia bahkan Luar Negeri dan kini era musik keroncong sedang bangkit kembali.

Kebangkitan musik keroncong ini dilihat adri beberapa lagu yang di remix kembali menjadi format yang lebih segar, yaitu format JAZZ. Singkat cerita, kucingkampung27 sayup-sayup mendengar lagu keroncong jawa yang nadanya berbeda dengan lagu aslinya. Setelah nguping-nguping akhirnya dapat dipastikanlah lagu itu “Setasiun Balapan” yang dipopulerkan oleh Om Didi Kempot (kalau nggak salah tahun 2002’n deh). yang lebih mantap lagi, nadanya jadi bernuansakan Jazz. WOW AMAZING!!!!…

Selidik demi selidik, ternyata ada beberapa lagu keroncong yang di Remake/Remix oleh sebuah perkumpulan musisi Jazz Indonesia dan mereka menamakan diri mereka Javanese Bossanova. Lagu-lagu yang mungkin anda kenal adalah Stasiun Balapan, Sewu Kuto, Bengawan Solo, Walang Kekek, Getuk, dan Kuncung (ada yang dikenal gak?). Javanese Bossanova membuat lagu keroncong yang bernuansa Jazz ini menjadi lebih trendi dan nikmat didengar. namun tidak melupakan ciri khas keroncong.

Penasaran dengan lagu-lagu dari Javanese Bossanova? kucingkampung27 sudah mengumpulkan lagu-lagunya dan meng’upload ke internet jadi sobat kucing kampung bisa menikmatinya juga. Kalau ketemu versi original dari lagu ini harap beli yang original ya…

Javanese Bossanova Album I

Javanese Bossanova Album II

Javanese Bossanova Album III

 

Leave a comment