RSS

Persaingan Windows Phone 7 dengan Android 2.3 Gingerbread

Tahun 2010 telah menjadi saksi akan kemajuan teknologi terutama pada perangkat smart phone. Berbagai teknologi besar masuk dalam sebuah smart phone yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktifitas. Dahulu kala gadged hanyalah sebuah barang yang mobile namun dengan kemampuan para pengembang TI, gadget tersebut dikawinkan (baca dikambinasi.red) dengan telepon sehingga lahirlah anaknya yang bernama gadget phone atau lebih dikenal dengan smart phone.

Berbagai perusahaan pengembang aplikasi dab platform Mobile berbasis O/S saling berkompetisi dalam menciptakan teknologi-teknologi baru dalam smart phone. Lihat saja dua perusahaan TI raksasa dunia, Google Android dan Microsoft. Kedia perusahaan ini sedang mengembangkan smart phone duatan mereka, Google Android dengan Android OS dan Microsoft dengan Windows Phone 7.

Sudah sekitar 2 tahun Android muncul di pasaran dan menjadi primadona di pasaran Smart Phone, dan tentusaja telah kita ketahui berbagai fitur yang “wow” terdapat di dalam OS ini. Bagaimanakah dengan Windows Phone 7? Apakah anak baru ini bisa lebih mengguncang pasaran smart phone dari pada android, atau ini hanyalah produk coba-coba dari Microsoft? Mari kita lihat perbedaanya di bawah ini.

 

Spesifikasi Microsoft Windows Telepon 7

Pasti seluruh pemula bertanya-tanya tentang apa yang sedang dikembangkan Microsoft. Microsoft telah mendapatkan perhatian dengan perkembangan “teknologi Savvy Guys” yang diperkenalkan di Windows Phone 7 di Kongres Ponsel Dunia 2010 dan meluncurkannya di akhir tahun 2010. Windows Phone 7 atau yang dikenal WP7 adalah sebuah smart phone yang memiliki sistem operasi hasil pengembangan Microsoft. WP7 ini bukanlah pengembangan dari Windows Mobile 6.x namun dikembangkan dari awal oleh Microsoft. Jadi kemungkinan saat ini masih sadikit sulit untuk mendapatkan upgrade di WP7.

WP7 dirancang untuk mendukung fasilitas layar sentuh multi kapasitif dan menawarkan antar muka pengguna yang dirancang sangat menarik. Antar muka tersebut dinamakan “Metro” atau “Hub”. Hub direpresentasikan sebagai dasar dan ditempatkan dimana semua data diintegrasikan sehingga mudah digunakan.Sebagai contoh, hub seseorang berarti meng-update status anda dan diintegrasikan dengan daftar kontak dan foto terkait dangan orang tertentu. Bahkan memungkinkan anda untuk bisa terhubung ke Email atau Ping tanpa harus meluncurkan aplikasi terpisah.

Perusahaan perangkat KERAS HTC, Samsung dan Dell telah merilis ponsel yang menggunakan WP 7. Jenis yang telah terinstall WP7 adalah  HTC HD7, HTC Mozart, HTC Surround, Dell Venue Pro Dell Lightning, Samsung Nexus S, LG Quantum dan LG Optimus.

 

Google Android 2.3 Gingerbread

Google Android OS telah berada di pasar selama lebih dari 2 tahun dan telah menangkap hati banyak. Hal ini terus berkembang dengan fitur baru dan pasti “semua orang harus mencobanya”. Ini nampak jelas bahwa Google telah mengikuti konvensi penamaan Alfabetis terhadap versi produk Androidnya, dimulai dengan

  • C-Cupcake
  • D-Donut
  • E-Eclair
  • F-Froyo

Sekarang giliran huruf “G” dan ternyata nama versi berikutnya Android telah disebut sebagai “Gingerbread”. Android 2.3 Gingerbread juga memperkenalkan fungsi baru dan aplikasi untuk pengguna dan pengembang. Fitur baru termasuk interface halus UI, keyboard yang telah disempurnakan, sistem copy dan paste telah diperbaiki, dukungan untuk pemutaran video WebM dan NFC (Near Field Communication). Fitur-fitur ini datang di Android dengan fitur paling populer saat ini seperti multi-tasking dan Wi-Fi hotspot, Adobe Flash 10.1 dan dukungan untuk tambahan layar High DPI.

Penasaran dengan perbedaan kemampuan O/S dari kedua smart phone tersebut. Ini adalah sedikit review dari kedua O/S.

Berdasarkan Stabilitas

WP7 : Banyak pengguna ponsel Windows Mobilekhusunya yang touchscreen mengeluh karena ketidakstabilan dari Ponsel ini. Ponsel Windows Mobile non touchscreen dinilai lebih stabil kinerjanya.

Android: Android dibuktikan stabil ketika diinstal lebih dari 50 aplikasi.

Berdasarkan Performa

WP7 : Ponsel Windows Mobile non touchscreen memiliki kinerja telepon yg cukup baik, sedangkan yg touchscreen sebalikmya.

Android: Sama dengan Windows Mobile, ponsel Android kurang nyaman jika dipakai untuk telepon. Namun, kelebihannya adalah menu-menu notifikasi yg mudah dipahami.

 

Berdasarkan Dukungan Software

WP7 :Sudah banyak aplikasi pihak ketiga yg kompatibel dengan Windows Mobile. Sayangnya, Windows Mobile tidak memiliki store khusus seperti iStore milik iPhone yg berguna menyediakan aplikasi-aplikasi tsb. dalam satu tempat.

Android: Aplikasi masih sedikit, namun tidak menutup kemungkinan bakal bertambah banyak mengingat Android adalah OS open source. Hampir semua aplikasi bisa didapat gratis, dan dapat diunduh melalui fasilitas Android Market.

 

Berdasarkan Skala Perusahaan

WP7 : Windows mobile menang telak dalam parameter ini. Jika anda atau perusahaan anda terintegrasi dengan Exchange atau Outlook, sangat tepat bila anda menggunakan ponsel Windows Mobile karena kedua fasilitas tsb. disediakan oleh pengembang yg sama yaitu Microsoft

Android: Android masih mampu sedikit mengimbangi dengan kemampuan Android untuk terintegrasi dengan Exchange server tanpa hambatan.

 

Berdasarkan Teknologi Display

WP7 : Windows mobile menggunakan display non touch dan touch dengan teknologi resitive. Memerlukan stylus dalam pengoperasian.

Android: Berbeda dengan windows mobile, Android mengadopsi teknologi capasitive untuk display-nya. Teknologi ini juga terdapat pada iPhone yg tampilan display-nya sangat atraktif.

 

Bagi anda yang seorang professional, ponsel dengan Windows Mobile sangat cocok karena mendukung fitur office yang lengkap serta fitur Exchange ActiveSync untuk keamanan data. Sedangakan android lebih ditujukan untuk konsumen umum, karena dukungan software, kemudahan menu dan stabilitas system.

 

Leave a comment